Kita mungkin pernah bertemu atau terlihat beberapa jenis batu yang kelihatannya seperti kayu tetapi cukup keras seperti batu mungkin yang sebenarnya apa yang kita lihat itu adalah fosil kayu yang telah mengeras.Bukanlah mudah  untuk bertemu dengan kayu fosil atau yang sejenis dengannhya.Fosil adalah bahan atau benda artifak yang cukup unik akan kejadiannya ianya dianggap berharga disebabkan kesukaran mendapatkannya tambahan pula ianya adalah sesuatu yang cukup lama usianya.Namun begitu kita harus berhati hati agar tidak tertipu dengan mereka yang mengaku memiliki barangan fosil,mungkin benar mereka memilikinya atau pun tidak.Ujian makmal perlu dilakukan untuk pengesahan ketulenan fosil tersebut.Didunia perbatuan, yang dimaksud Fosil Kayu adalah kayu yang membatu dimana semua bahan organiknya telah digantikan oleh mineral (biasanya sejenis silika, seperti quartz), dengan struktur kayu tetap terjaga. Proses fosil terjadi di bawah tanah, ketika kayu terkubur di bawah lapisan sedimen. Air yang banyak mengandung mineral masuk ke dalam sel-sel tanaman dan sementara lignin dan selulosa membusuk, mereka digantikan oleh batu. Hal ini boleh terjadi setelah bertahun-tahun terpendam bahkan setelah diteliti, terpendam selama Jutaan tahun. Artinya kayu tersebut telah ada sebelum manusia hadir di bumi ini, dan mungkin juga dengan zaman yang di sebut PRA SEJARAH.

Apakah fosil ? Menurut kamus Oxford fosil adalah”The remain of an animal or plant which had hardened into rock” yang membawa erti sisa atau baki peninggalan haiwan atau tumbuhan yang mengeras menjadi batu.Sudah tentunya proses ini terjadi ribuan tahun bahkan jutaan tahun.Fosil dinilaikan sebagai sesuatu yang berharga kerana ianya terjadi atau terbentuk sejak ribuan bahkan jutaan tahun dan sukar untuk mendapatkannya.Umur Fosil-fosil kayu sangat mempengaruhi warna karena adanya proses tekanan dan pergesekan dengan kulit bumi selama bertahun-tahun. Menurut info, yang berwarna alam seperti coklat, hitam, atau putih telah berumur sedikitnya 25 juta tahun. Panjangnya ada yang mencapai 6 meter dengan diameter berlebar 1 meter. Beratnya, untuk panjang 5 meter dan diameter setengah meter, beratnya bisa mencapai 5 ton. Hal ini disebabkan struktur mineral yang sudah total menggantikan struktur organik kayu tersebut.

Ciri untuk menemukan petrified wood adalah ditemukannya produk gunung api tersier, maka fosil kayu akan ditemukan bergelimpangan di sana. Ada klasifikasi dalam fosil kayu ini. Tergantung pada jenis pohon apa ianya terbentuk, bagaimana proses geologinya, dan apa mineral pengisinya. Juga yang penting soal warna. Petrified wood yang bermutu adalah yang memiliki gem qualiti dan berkilap seperti kaca setelah diproses dengan lapidary tools.Ianya tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya kadang-kadang dibersihkan dan diberi tatakan yang indah. Fosil kayu mempunyai ciri-ciri seperti kayu pada umumnya maka ianya mudah dikenali secara mata kasar. Jika dilihat dengan mikroskop, struktur sel-selnya pun mirip sel kayu hidup. Hanya bahannya sudah tergantikan dengan bahan galian alam dan bukan lagi organik nabati.Proses terbentuknya fosil kayu terjadi karena proses tindakan bahan galian kayu secara kimia dan fisikal kesan dari proses waktu yang amat panjang dan selama jutaan tahun.Batu fosil ini juga mendapat perhatian daripada beberapa kalangan peminat batu mistik.Ini disebabkan dipercayai barangan yang telah menjadi fosil memiliki energi atau kekuatannya yang tersendiri tambahan pula ianya telah begitu lama terbentuk dan sudah pasti penarikan energi dari alam membuatnya mempunyai kekuatan tersendiri dan banyak mitos atau cerita yang didengar bahawa untuk mengambil fosil batu  tidaklah mudah karena harus berperang dengan “penunggu” fosil kayu tersebut, yang dipercaya sebagai makhluk halus.

 

 

Advertisements